Belajar Menjadi Blogger Pemula

Salam Blogger, rekan-rekan semua..

Belajar itu tidak mengenal usia, tempat bahkan kondisi. Kapanpun dan dimanapun kita bisa mencoba untuk menambah wawasan kita. Asalkan niat dan semangat tetap kita pupuk dan miliki. Apalagi perkembangan zaman khususnya dunia digital menghadapi era Revolusi 4.0 ini, membuat dunia digital berkembang dengan cepat. Kita pun harus bisa menyeimbangkan diri serta memanfaatkannya sebaik mungkin agar tidak tertinggal jauh. Salah satu perkembangan yang dapat kita pelajari saat ini adalah bagaimana cara membuat dan memanfaatkan blog. 

Belajar membuat blog merupakan hal yang baru dan sangat menarik perhatian para guru sekolah dasar di Kabupaten Musi Rawas. Antusiasme para guru dapat terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan ini. Peserta pendaftar yang awalnya hanya dibatasi 25 peserta, akhirnya diperbesar karena ingin menampung semangat para guru SD di Kabupaten Musi Rawas yang sangat luar biasa. 

Kegiatan belajar membuat blog ini dilakukan dengan memanfaatkan WhatsApp sebagai media belajar. Sharing ilmu dalam kegiatan ini diprakarsai oleh seorang guru yang sungguh luar biasa dan panutan bagi saya. Bapak Susanto, namanya. Beliau sebagai pemrakarsa kegiatan ini merupakan salah satu guru hebat Musi Rawas yang memiliki segudang pengalaman dan prestasi yang membanggakan. Sprit terus belajar dan berbagi ilmu dari beliau ini, kemudian turut difasilitasi oleh PGRI Kabupaten Musi Rawas. Hingga pada akhirnya kegiatan ini dapat terencana dan terlaksana dengan lancar di kegiatan perdananya. Foto berikut adalah kebersamaan Bapak Susanto sebagai Narasumber (Kiri) dengan Bapak Supriyadi (Sekretaris PGRI Musi Rawas). 

Kita tentunya tahu, bahwa Blog bukanlah hal yang baru di dunia digital. Wadah di dunia maya ini banyak digunakan sebagai tempat untuk menuangkan imajinasi, ide, gagasan, pengetahuan bahkan pengalamannya dalam bentuk tulisan, gambar, ataupun video. Kita pun sudah banyak menemukan blog-blog yang luar biasa dari para blogger (sebutan bagi orang yang membuat blog) hebat yang ada di dunia maya. Bahkan saat ini, blog itu sendiri mulai merambah ke bidang pendidikan. Banyak guru yang kemudian memanfaatkannya sebagai media ataupun wadah belajar bagi guru dan siswa selama kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) di masa pandemi ini. 

Lalu, bagaimana pengalaman belajar membuat blog dari WhatsApp ini? Jawabannya adalah 'Luar biasa..!!!' 😃😃 
Banyak hal baru dan ilmu baru yang saya dapatkan disini. Kegiatan belajar perdana ini disampaikan dengan cara yang sederhana, mudah dipahami dan menarik untuk diikuti. Padahal di awal, saya sudah nyaris patah semangat karena membayangkan kerumitan dalam membuat blog yang saya 'karang sendiri'. Rupanya, baru mengikuti kegiatan belajar perdana, semangat untuk melanjutkan pun makin menggebu-gebu. Luar biasa rupanya, transfer spirit yang diberikan oleh sang narasumber. 😃

Nah, terus gimana sih cara membuat blog itu? 
Saya akan membagikan cara membuat blog dengan menggunakan aplikasi blogger melalui HP Android. Berikut langkah-langkahnya. 
1. Masuk Playstore, ketik Blogger. Maka akan muncul tampilan seperti ini. 
2. Klik Instal. 
3. Jika sudah terinstal, maka icon Blogger akan muncul di tampilan layar HP Android, seperti berikut. 
4. Klik icon Blogger pada tampilan HP Android kita, maka akan muncul tampilan Login dengan Google. 
5. Klik bagian Login dengan Google, kemudian pilih akun Google yang aktif di HP Android anda. 
6. Akan muncul tampilan berikut, kemudian klik Membuat Blog. 
7. Langkah pertama membuat blog, kita diminta menuliskan judul dari blog kita. Rekan-rekan bisa menuliskannya dengan menggunakan contoh kata Diariku, Catatan Bu Eni, dan lain-lain. 
8. Langkah berikutnya, tulis alamat web blog. Alamat web ini bisa diisi dengan menuliskan nama anda atau nama akun yang biasa digunakan atau yang mudah diingat. 
9. Langkah ketiga, menuliskan nama tampilan dari blog. Nama tampilan ini akan muncul ketika pembaca blog membuka atau membaca blog anda. 
10. Blog anda sudah jadi. Maka akan muncul tampilan seperti ini. 
11. Untuk membuat postingan pertama di blog anda, pilih/klik gambar pensil berwarna orange yang ada di pojok kanan bawah. Maka akan tampil seperti ini. 
12. Isilah judul dari blog yang akan anda buat. Kemudian mulai tulisan blog anda dengan mengisi kolom membuat postingan. Untuk bagian Label, rekan-rekan bisa mengisinya dengan contoh label pendidikan, kesehatan dan lainnya, disesuaikan dengan isi dari blog anda.
13. Rekan-rekan bisa mengklik tanda centang yang ada di pojok kanan atas.
14. Jika ingin menyimpan sementara hasil tulisan anda dan ingin memperbaikinya nanti, rekan-rekan bisa menyimpannya sebagai Draf dengan mengklik pilihan Simpan. Namun jika sudah selesai, rekan-rekan juga bisa langsung mempublikasikannya dengan mengklik tanda segitiga di bagian atas. 


Demikianlah cara membuat blog dengan menggunakan aplikasi Blogger di HP Android. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi rekan-rekan yang ingin belajar membuat blog. Saya juga berharap, semoga kegiatan belajar membuat blog dari WhatsApp ini dapat menjadi langkah awal pengembangkan diri kita dalam menggunakan aplikasi-aplikasi website di dunia perdigitalan yang semakin pesat sehingga memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan khususnya. 

Salam sehat dan semangat, rekan-rekan.. 
Terimakasih. 







 











































Komentar

  1. Wah keren banget ... Sebuah artikel yg bisa menambah wawasan kita. Lanjutkan dan salam literasi bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih pak. Mohon bimbingannya ya pak. Salam literasi.

      Hapus
  2. Bu ChaCha trmksh ilmunya sangat bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bu.. Mohon bantuan dan bimbingannya jg

      Hapus
  3. Blogger baru telah lahir. Lanjutkan menginspirasi orang-orang di sekitar kita. Salam literasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih pak. Berkat bimbingan dan motivasi bapak saya jadi dapat ilmu baru. Mohon bimbingannya selalu pak. Salam literasi.

      Hapus
  4. Luar biasa...adikkuh🥰🥰👏🏼

    BalasHapus
  5. Luar biasa...adikkuh🥰🥰👏🏼

    BalasHapus
  6. semoga yang kami beri hanya setetes, dan anda bs menjadikan lautan, selamat berkarya

    BalasHapus
  7. Keren neh....lanjutken...

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Makasih ibu. Mohon bimbingannya buu..

      Hapus
  9. Luar biasa mbak cha cha, terimakasih sudah berbagi ilmu... Jadi tertarik mau mencoba nih....

    BalasHapus
  10. Waw keren, multi talent kali kakak. Panutan 😍

    BalasHapus
  11. Waw, sangat lengkap Bu guru,.....

    BalasHapus
  12. Mantep banget artikel ini, mksh ilmunya bu menambah pengetahun khususnya guru direvolusi industri 4.0.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih pak. Masih harus belajar pak..

      Hapus

Posting Komentar