SAWANGAN

Salam Blogger, rekan-rekan semua...

Berlari keliling pohon randu
Bertemu abah mencukur alis
Jemari gerah, hati merindu
Sudah lama tidak menulis


Ke warung depan membeli aqua
Minumnya di kolong meja
Rekan-rekan blogger semua
Apa kabarnya disanaaa..??


Sudah lama sekali tidak menjamah media online ini. Terakhir saya mengotak-atiknya pada bulan September 2020 yang lalu dengan postingan terakhir yang berjudul "Tak Sayang Maka Tak Kenal Nama". Tulisan itu dibuat ketika jamannya Corona masih merajalela dan bertepatan dengan kegiatan BDR di masa itu. Masih ingat BDR kan???

Jangan tanya, kenapa ujug-ujug balik lagi ke blog. Sebenarnya sudah lama sekali ingin kembali. Sudah berkali-kali juga diingatkan oleh salah satu guru senior yang sudah saya anggap sebagai bapak sendiri di kedinasan sekaligus mentor saya di awal-awal pelatihan menulis Blogger Musi Rawas kala itu. "Ayo..nulis lagi!" Demikian PakDhe Santo selalu mengingatkan kami para guru.

Di beberapa kesempatan dan pertemuan pun beliau selalu menyentil soal menulis. Karena memang beliau berfokus untuk menggerakkan guru Musi Rawas agar mau menulis. Jadi, beliau tidak pernah lelah untuk mengingatkan dan menyelipkan motivasi-motivasinya agar guru-guru mulai untuk giat menulis. "Mulai dari yang sederhana saja!" Itu yang selalu disuarakan beliau.

Beliau mempunyai banyak cara untuk memancing kami para guru untuk mau menulis. Mulai dari membagikan tiap tulisannya di grup-grup komunitas bahkan terkadang japri juga 😁. Pasti semua grup di WhatsApp-nya beliau bakal kebagian link tulisan beliau 😂 Selain itu, dibeberapa kesempatan tatap muka, beliau selalu "memamerkan" (dalam konteks memotivasi yaaa...) buku-buku yang dimilikinya. Baik buku hasil tulisannya sampai ke buku yang baru didapatkannya dari doorprise Workshop 😁

Sebenarnya saya iri. Ingin sekali bisa menjadi seperti beliau. Tidak usah muluk-muluklah. Memiliki semangat belajar seperti beliau saja, saya pasti sangat senang. Apalagi punya banyak pengalaman seperti beliau. Tak terbayangkan strong-nya bagaimana.

Jadiiii, kembali ke motivasi beliau tadi. Ada satu hal yang masih terngiang-ngiang di telinga saya.
Di suatu kesempatan, beliau mencoba untuk menggugah naluri menulis kami para murid-muridnya terdahulu agar kembali menulis lagi, membuka blog yang sudah pernah dibuat. "Setiap hal bisa dituangkan dalam tulisan. Pengalaman yang dialami sekarang, sedikit-sedikit dituliskan dalam blog yang dulu pernah dibuat. Yaaaa....apalagi yang blognya sudah mulai sawangan.." 😂😂

Mendengar kata sawangan itu, imajinasi saya langsung membayangkan rumah tua yang tak bertuan, banyak sarang spidermannya dan berdebu 😂😂 Yaa..kalo dipikir-pikir benar juga. Blog yang lama tak disentuh, lupa pasword bahkan akunnya, ya bisa jadi sawangan dan berdebu. Itulah yang terjadi pada blog saya dari akhir tahun 2020 itu sampai hari ini.

Nah hari ini, tiba-tiba di tengah kegiatan belajar di kelas tadi, saya seperti rindu untuk curhat 😁 tapi kemana curhatnya? Teringatlah dengan blog ini. Sejenak mencoba mengingat kembali nama blog ini dan akunnya apa. Akhirnyaaa, sampai juga di rumah tak bertuan dan sawangan ini. Pelan-pelan membuka lagi tulisan yang pernah dipublikasikan. Rupanya saya pernah merangkai kalimat apik di beberapa postingan. Kenapa tidak dicoba lagi?
Itulah sebabnya kenapa saya ingin memulainya hari ini.

Semoga saja semangat ini tetap membara.
Memberikan semangat juga bagi rekan-rekan di luar sana.
Yok, mulai lagi rekan-rekan.




Salam sehat dan semangat selalu rekan semua...
Salam dari Miss ChaCha

Komentar